Jumat, 26 Februari 2010

PSPS Senang PSSI Tak Jadi Pakai Pelatih Lokal

Abdul Rahman GurningPublik Riau tidak perlu khawatir lagi soal kemungkinan pelatih Abdurrahman Gurning dipanggil timnas. Pasalnya, PSSI telah memberikan sinyal pelatih tim Merah Putih bukan pelatih lokal, melainkan pelatih asing.

mendapatkan informasi ini, manajemen PSPS bersyukur. Sebab jika memang keinginan PSSI untuk menarik Gurning terlaksana, dipastikan PSPS akan kesulitan mencari pelatih sepadan. "Kita sambut gembira. Artinya, Pak Gurning tetap masih bersama kita," ujar Manajer PSPS, Dastrayani Bibra, Rabu (24/2) kepada Tribun.

Meski belum tahu siapa yang akan membesut timnas sepakbola Indonesia, tapi PSSI lebih memprioritaskan pelatih asing dibanding lokal. Timnas Indonesia kini berstatus tanpa pelatih, menyusul habisnya kontrak Benny Dollo. Beberapa nama sempat muncul menjadi pembesut Bambang Pamungkas dkk, mulai Abdurahman Gurning (PSPS), Rahmad Darmawan (Sriwijaya FC), Danurwindo (Persebaya), dan Junaedi (Persijap).

Dari seleksi terakhir, ternyata nama-nama di atas bisa jadi tak masuk kriteria PSSI. Soalnya organisasi pimpinan Nurdin Halid tersebut tertarik pada pelatih bersertifikat A+ dan asal luar negeri.

Untuk merealisasikan keputusan tersebut, PSSI telah mengirim surat permintaan rekomendasi pelatih kepada KNVB (Asosiasi Sepakbola Belanda). Saat ini surat balasan permintaan rekomendasi pelatih tersebut sudah diterima PSSI.

"Kita sudah meminta rekomendasi ke KNVB, jadi jangan tanggung-tanggung memilih pelatih. Tidak ada rencana kami menetapkan pelatih timnas Indonesia senior harus pelatih lokal. Di Indonesia memang banyak pelatih berpengalaman, tapi belum ada bersertifikat A+," tegas Sekjen PSSI, Nugraha Besoes, Senin lalu.

Sebelum Benny Dollo jadi pelatih, PSSI sudah sering menggunakan jasa pelatih asing. Nama asing terakhir yang menduduki kursi tersebut adalah Ivan Kolev. Sebelumnya Pasukan Merah Putih juga sempat ditangani Peter Withe, Bernard Schum, Henk Wullems, dan sederet nama lainnya.

"Saya sudah menerima balasan dari Media and International Project KNVB, Michael van der Star, yang intinya KNVB meminta job description untuk pelatih dan direktur teknik yang diinginkan PSSI," sambung Nugraha.

Lalu kapan tenggat waktu penyerahan nama-nama calon itu? "Mudah-mudahan pertengahan Maret semuanya sudah bisa selesai. Pekan ini kami akan bicara dengan Pak Nirwan Bakrie untuk membahas masalah ini," pungkas Nugraha.

Selain meminta rekomendasi dari KNVB, PSSI sudah menyimpan nama lain yaitu pembesut Laos di SEA Games 2009, Alfred Riedl. Nugraha mengatakan, pelatih asal Austria itu sudah menyiapkan konsep latihan yang ditawarkan pada PSSI.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan Beri Komentarnya,
Ket:
Nama/URL : Tulis nama anda URL boleh dikosongkan.

NB : Kini setiap komentar tidak bisa langsung dilihat isi komentarnya, difilter terlebih dahulu oleh Admin untuk menghindari SARA. dan Komentar yang mengandung SARA/Bernada Miring tidak akan kami publikasikan.

Terima Kasih ^_^

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template